Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sekolah Dasar Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Karakter Siswa.

Dharin, Abu and Budiningsih, Asri (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sekolah Dasar Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-abu dharin-13703261022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis multiple intelligences yang (1) layak dan (2) efektif untuk meningkatkan karakter kepedulian sosial dan kreativitas siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, mengacu pada model Dick and Carey. Langkah-langkahnya: 1) penelitian pendahuluan, 2) tahap pengembangan, dan 3) uji coba lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan angket dan tes formatif. Data kelayakan model dianalisis menggunakan rumus content validity coeficient dari formula Aiken’s, dan analisis uji coba tahap dua menggunakan analisis paired sample t-test. Hasil penelitian: (1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan layak sebagai perangkat pembelajaran berbasis multiple intellegences untuk meningkatkan karakter kepedulian sosial dan kreativitas siswa kelas V SD. (2) perangkat pembelajaran yang dihasilkan efektif sebagai perangkat pembelajaran berbasis multiple intellegences untuk meningkatkan karakter kepedulian sosial dan kreativitas siswa kelas V SD. Hasil validasi para ahli menunjukkan bahwa semua menyatakan perangkat pembelajaran yang dihasilkan layak untuk digunakan. Sebagian kecil ahli menyarankan perlunya perbaikan desain dan ilustrasi yang lebih menarik serta penyederhanaan. Hasil respon oleh guru dan siswa pada skala kecil dan skala luas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan layak untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Hasil uji perorangan yang menguji kelayakan isi, penyajian, dan bahasa pada buku pegangan guru dan buku siswa, yang bermuatan karakter kepedulian sosial dan kreativitas siswa, serta muatan multiple intellegences yang meliputi kecerdasan interpersonal, naturalis dan intrapersonal, semua guru memberikan skor yang tinggi yang artinya sangat bagus atau sangat baik. Hasil uji kelompok kecil dan kelompok skala luas dari para siswa kelas 5 SD yang menjadi responden menunjukkan hasil evaluasi pembelajaran yang tinggi. Hal ini menunjukkan materi ajar yang disampaikan menggunakan perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat dipahami dan dikuasai oleh siswa dengan mudah dan cepat sehingga mendapat nilai yang tinggi. Hasil uji para ahli, uji perorangan dari guru dan uji kelompok skala kecil dan skala luas dari siswa ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan peneliti sangat layak digunakan. Hasil uji kelompok kecil dan kelompok luas dari siswa kelas V SD/MI menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada karakter siswa yaitu karakter kepedulian sosial dan kreativitas siswa, dan multiple intelligences yaitu kecerdasan interpersonal, intrapersonal dan naturalis. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis multiple intelligences yang efektif untuk meningkatkan karakter kepedulian sosial dan kreativitas siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: karakter siswa, multiple intelligences, perangkat pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:38
Last Modified: 01 Nov 2022 06:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73364

Actions (login required)

View Item View Item