Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif Terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics Berbantuan Komputer pada Mata Pelajaran Fisika.

Prabaningtias, Dea Arsi and Istiyono, Edi (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif Terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics Berbantuan Komputer pada Mata Pelajaran Fisika. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-dea arsi prabaningtias-19701251036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Pengembangan instrumen penilaian tes dan non-tes didasari oleh Kurikulum 2013 untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi konstruksi intrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) berbantuan komputer; (2) mengukur kualitas instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif terintegrasi STEM berbantuan komputer; (3) mendeskripsikan profil keterampilan berpikir kreatif terintegrasi STEM peserta didik SMA/MA di Kota Singkawang, dan (4) menguji keefektifan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif terintegrasi STEM berbantuan komputer. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Langkah pengembangan instrumen tes mengacu kepada tiga proses dari Istiyono berupa perencanaan tes, ujicoba, dan pengukuran. Instrumen non-tes mengacu kepada 10 langkah yang dikembangkan oleh Mardapi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yang mensyaratkan memiliki akses internet dan handphone. Responden penelitian ini berjumlah 732 peserta didik yang meliputi 300 untuk ujicoba dan 432 untuk ujicoba skala besar. Subjek penelitian ini terdiri dari tujuh sekolah yaitu: SMA Negeri 2 Singkawang, SMA Negeri 3 Singkawang, SMA Negeri 5 Singkawang, SMA Negeri 10 Singkawang, SMA Swasta Santo Ignasius Singkawang, MAN Kota Singkawang, dan MAS Usshuludin Singkawang. Teknik analisis data untuk kualitas instrumen tes menggunakan pendekatan teori respon butir kategori Partial Credit Model sedangkan untuk Non tes menggunakan Confirmatori Factor Analysis. Teknik analisis data pada konstruksi, profil peserta didik, serta efektivitas menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Produk instrumen penilaian tes berupa pilihan majemuk beralasan pada mata pelajaran fisika yang disusun menggunakan dimensi berpikir kreatif dari Torrance yang terdiri dari 40 butir soal. Produk instrumen penilaian non-tes berupa kuisioner menggunakan dimensi berpikir kreatif dar Lipman yang terdiri dari 88 butir. (2) Tes dan non-tes yang dikembangkan memiliki kualitas yaitu: a) hasil validasi oleh expert adalah sangat valid; b) nilai validitas konstrak CFA tergolong valid secara konstruk; c) nilai reliabilitas uji empirik tergolong sangat reliabel; d) rerarta INFIT MNSQ tergolong fit dengan model yang digunakan; f) analisis fungsi informasi dan SEM tergolong baik. (3) Profil keterampilan berpikir terintegrasi STEM peserta didik kota Singkawang tergolong Sedang. (4) Instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif terintegrasi STEM menggunakan komputer sangat efektif digunakan sebagai media penilaian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kreatif, komputer, teringrasi STEM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:51
Last Modified: 08 Jun 2022 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73280

Actions (login required)

View Item View Item