Evaluasi Implementasi Kebijakan Kelas Olahraga dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sukardi, Alfriani Rusmita and Guntur, Guntur (2020) Evaluasi Implementasi Kebijakan Kelas Olahraga dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-alfiriani rusmita sukardi-17701251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kebijakan kelas olahraga di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang meliputi tahap definisi, tahap instalasi, dan tahap proses. Penelitian evaluasi menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan model evaluasi Discrepancy dengan tiga tahap yaitu definition stage, installation stage dan product stage. Sampel penelitian terdiri dari 5 sekolah dengan jumlah 100 orangtua, 128 peserta didik, 7 pelatih dan koordinator kelas olahraga. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk serta reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan kriteria rerata ideal dan triangulasi sumber. Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut. tahap definition stage meliputi implementasi kebijakan kelas olahraga dari pusat ke daerah. Tahap installation stage yaitu implementasi program yang terdapat dalam surat keputusan kepala dinas. Tahap product stage yaitu implementasi di masing- masing daerah sudah sesuai dengan SK nomor 0651 tahun 2012 tentang kelas khusus olahraga di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Rekomendasinya adalah: (1) Keterbukaan akses dari pihak dinas terkait baik provinsi maupun daerah harus sesuai dengan kebutuhan daerah; (2) Kerjasama antar dinas pusat dan dinas di daerah sehingga tidak terjadi kesenjangan; (3) Seluruh Dinas dan Sekolah mampu memahami kebutuhan masing-masing sehingga kegiatan kecabangan dapat dilaksanakan secara maksimal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: discrepancy, evaluasi, kebijakan kelas olahraga, sekolah menengah atas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 May 2022 02:09
Last Modified: 10 May 2022 02:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72919

Actions (login required)

View Item View Item