Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di SMA Internasional Budi Mulia Da Yogyakarta.

Tasnur, Irvan and Kumalasari, Dyah (2020) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di SMA Internasional Budi Mulia Da Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-athimah dayaning pertiwi-18718251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui implementasi pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Internasional Budi Mulia Dua, (2) mengidentifikasi kendala yang ada pada pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta, dan (3) mengetahui upaya untuk mengatasi kendala pada pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Internasional Budi Mulia Dua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, dua wakil kepala bidang kurikulum dan kesiswaan, dua guru sejarah, dan peserta didik SMA Internasional Budi Mulia Dua. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive yaitu subjek telah ditentukan oleh peneliti. Pengumpulan data menggunakan menggunakan triangulasi sumber yaitu menggabungkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, verifikasi, dan penyajian data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Internasional Budi Mulia Dua diimplementasikan melalui dorongan motivasi, pengiintegrasian dengan materi sejarah, dan pendekatan secara personal yang dilakukan oleh guru. Nilai-nilai karakter yang diimplementasikan berpijak pada lima pilar karakter yaitu faith in Allah, respect, honesty, responsibility, dan cleanliness.(2) kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta berangkat dari faktor peserta didik, faktor guru, dan lingkungan. Faktor peserta didik yang karakternya sudah mulai terbentuk, faktor guru mengenai cara mengajar, dan lingkugan yang tentu banyak pengaruhnya terhadap karakter seseorang (3) Upaya mengatasi kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Internasional Budi Mulia Dua yaitu dengan pendekatan personal dari guru kepada peserta didik dan penggunaan metode yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementasi pendidikan karakter, nilai karakter, pembelajaran sejarah
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2022 06:53
Last Modified: 04 Mar 2022 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72545

Actions (login required)

View Item View Item