UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN ENERGETIK DI TK AISYIYAH PENDOWO

Hanifah, (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN ENERGETIK DI TK AISYIYAH PENDOWO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
HANIFAH.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Pendowo melalui bermain energetik. Subjek penelitian ini adalah anak TK Aisyiyah Pendowo kelompok A usia 4-5 tahun, dengan jumlah 16 anak. Objek penelitian ini adalah kemampuan sosial. Setting penelitian yaitu di TK Aisyiyah Pendowo, Pendowo, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis kuantitatif dengan teknik persentase dan analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosial pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Pendowo dapat ditingkatkan melalui bermain energetik. Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan hasil siklus pertama pertemuan ke-1 yang dapat meningkatkan persentase rata-rata kemampuan sosial anak menjadi 70,31 %. Pada pertemuan ke-2 menunjukkan hasil yang sama dengan pertemuan ke-1. Pada pelaksanaan siklus kedua pertemuan ke-1 persentase rata-rata kemampuan sosial anak menjadi 64,37 %. Hasil tersebut menunjukkan penurunan kemampuan sosial anak, hal tersebut dikarenakan tindakan dilakukan sebelum kegiatan inti dan hanya terdiri dari 1 macam kegiatan. Selain itu permainan ini dilakukan dengan waktu yang singkat sehingga anak-anak masih memiliki energi yang banyak akibatnya banyak diantara mereka yang masih menunjukkan perilaku kasar. Selanjutnya pada pelaksanaan siklus kedua pertemuan ke-2 menunjukkan hasil yang signifikan yaitu dapat meningkatkan persentase rata-rata kemampuan sosial anak menjadi 80 %. Dari hasil tersebut menunjukkan kemampuan sosial anak semakin meningkat, hal itu terlihat dari kemampuan anak yang sudah dapat mengenal perilaku baik atau sopan dalam bertingkah laku dan berbicara, mengendalikan perasaannya, timbulnya sikap kerjasama dan persatuan, mulai memiliki rasa kepedulian, menghargai orang lain, mau berbagi, menolong, dan membantu teman. Kata kunci: kemampuan sosial, usia 4-5 tahun, bermain energetik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Nov 2012 00:25
Last Modified: 29 Jan 2019 17:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7234

Actions (login required)

View Item View Item