Perangkat Pembelajaran IPA Tema Kelautan Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Kelautan dan Berpikir Kritis Peserta Didik.

Sari, Widi Kemala and Wilujeng, Insih (2020) Perangkat Pembelajaran IPA Tema Kelautan Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Kelautan dan Berpikir Kritis Peserta Didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-widia kemala sari-18708251040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA tema kelautan berbasis STEM yang dinilai layak, praktis penggunaan dan terbukti efektif dalam meningkatkan literasi kelautan dan berpikir kritis peserta didik SMP. Perangkat pembelajaran ini mengangkat topik materi pencemaran lingkungan yang diberikan kepada siswa kelas VII SMP di Semester 2. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model pengembangan oleh Borg dan Gall yang terdiri atas 8 tahapan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas silabus, RPP, LKPD dan instrumen penilaian. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Beremas dengan desain penelitian pretest-posttest control group design dan sampel dipilih secara purposive sampling yaitu peserta didik yang bersekolah di pinggir pantai. Data penelitian diperoleh melalui pemberian pretest-posttest menggunakan instrumen tes yaitu 1) soal uraian untuk mengukur berpikir kritis, sebanyak 6 butir item yang dinyatakan valid dan memiliki nilai reabilitas (0,82); 2) soal pilihan ganda untuk mengukur literasi kelautan yang terdiri atas 42 butir pertanyaan). Data juga diperoleh melalui intrumen non-tes yaitu angket (literasi kelautan) dan lembar observasi (berpikir kritis). Data hasil kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis secara deskriptif sedangkan data hasil uji coba terkait keefektifan produk dianalisis secara inferensial melalui MANOVA. Berdasarkan hasil validasi diketahui bahwa perangkat pembelajaran IP A tema kelautan berbasis STEM pada materi pencemaran lingkungan dinyatakan layak. Sedangkan, berdasarkan hasil olah data keefektifan produk diketahui bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan mampu meningkatkan literasi kelautan dan berpikir kritis peserta didik SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, STEM, literasi kelautan, berpikir kritis, pencemaran lingkungan.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Feb 2022 06:23
Last Modified: 10 Feb 2022 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72232

Actions (login required)

View Item View Item