Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Bermuatan Potensi Lokal Batik Sendang Lamongan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Environmental Literacy.

Najih, Ainun and Suryadarma, IGP (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Bermuatan Potensi Lokal Batik Sendang Lamongan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Environmental Literacy. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-reizka rossalina erriska-17708251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan dan (2) keefektifan perangkat pembelajaran IPA bermuatan potensi lokal Batik Sendang Lamongan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan environmental literacy peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D Thiagarajan dan Sammel. Pengujian terhadap produk perangkat pembelajaran IPA dilakukan melalui dua tahapan yaitu melalui uji terbatas dan uji empiris. Uji kelayakan produk perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan dilakukan oleh validator yang terdiri dari dua dosen ahli. Uji kepraktisan dilakukan oleh dua guru IPA. Uji terbatas dilakukan oleh 15 peserta didik dengan kemampuan akademis yang berbeda (rendah, sedang, dan tinggi). Uji coba empiris dilakukan pada satu kelas eksperimen yang terdiri dari 30 peserta didik dan satu kelas kontrol yang terdiri dari 32 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah (1) lembar validasi produk perangkat pembelajaran IPA, (2) lembar keterlaksanaan pembelajaran, (3) lembar soal pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis, (4) lembar observasi environmental literacy, (5) lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan environmental literacy peserta didik dengan kategori sangat baik dengan skor akhir perangkat pembelajaran IPA yang terdiri dari silabus sebesar 15 dari skor total 15, RPP sebesar 14 dari skor total 14, LKPD sebesar 13 dari skor total 13, dan instrumen penilaian sebesar 18 dari skor total 18. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan environmental literacy peserta didik, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (α = 0,05). Perangkat pembelajaran tersebut dapat digunakan untuk SMP/MTs di sekitar daerah Kabupaten Lamongan dan dapat dilakukan modifikasi sesuai daerah masing-masing dengan memperhatikan topik yang sesuai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Batik Sendang Lamongan, environmental literacy, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:37
Last Modified: 08 Feb 2022 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72204

Actions (login required)

View Item View Item