Keefektifan Metode Problem Solving dan Inquiry Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa.

Rizal, Muhammad and Mukminan, Mukminan (2020) Keefektifan Metode Problem Solving dan Inquiry Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-muhammad rizal-16727251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan metode problem solving dan inquiry dalam meningkatkan hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 1 Ngaglik dan SMA Negeri 1 Prambanan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Ngaglik dan siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Prambanan. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih siswa kelas XI IIS3 SMA Negeri 1 Ngaglik berjumlah 31 orang siswa menerapkan metode problem solving dan kelas XI IIS3 SMA Negeri 1 Prambanan berjumlah 30 orang siswa menerapkan metode inquiry. Pengumpulan data menggunakan tes dan analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji beda (t test) dengan program SPSS 24.0 pada taraf signifikansi 0.05. Hasil analisis data menunjukkan gainscore siswa yang menerapkan metode problem solving memperoleh rata-rata gainscore 0.87 sedangkan siswa yang menerapkan metode inquiry memperoleh rata-rata gainscore 0.52. Setelah dilakukan analisis statistik dengan uji beda (t-test) dihasilkan nilai t sebesar 10.500 dengan p = 0.000 yang berarti < 0.05. Hasil analisis menunjukkan metode problem solving lebih efektif dibandingkan metode inquiry dalam meningkatkan hasil belajar geografi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar geografi, inquiry, problem solving.
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2022 06:56
Last Modified: 07 Feb 2022 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72169

Actions (login required)

View Item View Item