PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA TENTANG KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA MUATAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 WATES

Ratnaningsih, Anisa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA TENTANG KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA MUATAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Anisa Ratnaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media ular tangga yang layak dari aspek materi dan media sebagai media muatan IPS tentang Keragaman Budaya di Indonesia untuk Siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development (RnD) berdasarkan prosedur Thiagarajan dengan model 4D. Ketiga langkah pengembangan tersebut adalah (1) define (penentuan) yaitu dengan wawancara guru kelas IV di SD Negeri 2 Wates, kuisioner peserta didik, dan kajian literatur. (2) design (perancangan) yaitu dengan membuat tujuan khusus media dan merancang prototype, dan (3) develop (pengembangan). Tahap dissemination tidak dilakukan dikarenakan adanya pandemic covid-19. Media Ular Tangga Keragaman Budaya di Indonesia ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Subjek penelitian berjumlah 11 perserta didik Sekolah Dasar Negeri 2 Wates. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Teknik analisis mengggunakan deskriptif kuantitatif dan dikonversi menjadi data kualitatif. Hasil pengembangan media Ular Tangga Keragaman Budaya di Indonesia untuk kelas IV Sekolah Dasar mengikuti tiga langkah pengembangan 4D menurut Thiagarajan mengembangkan media yang kemudian dilanjutkan dengan validasi ahli kepada ahli materi mendapatkan skor rata-rata skor 4,15 dengan kategori “Layak”. Kemudian dilanjutkan validasi media mendapatkan skor rata-rata 5,0 dengan kategori “Sangat Layak” dan melakukan uji coba lapangan dari respon peserta didik mendapatkan presentase sebesar 97,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan uji coba lapangan dari respon guru mendapatkan skor 4,0 dengan kategori “Layak” sekaligus dilakukan revisi pada setiap proses validasi. Oleh karena itu, media Ular Tangga Keragaman Budaya di Indonesia dinyatakan “layak” digunakan sebagai media pembelajaran kelas IV Sekolah Dasar karena memperoleh nilai pada kategori “Layak” dan “Sangat Layak” untuk setiap aspek penilaian. Kata kunci : media ular tangga, IPS, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:30
Last Modified: 20 Jan 2022 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71914

Actions (login required)

View Item View Item