MENGEMBANGKAN KECAKAPAN MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PERKULIAHAN KOLABORATIF BERBASIS MASALAH

Djamilah Bondan, Widjajanti (2011) MENGEMBANGKAN KECAKAPAN MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PERKULIAHAN KOLABORATIF BERBASIS MASALAH. Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa. ISSN 978-979-99314-5-0

[img]
Preview
Text
PM-21 - Djamilah Bondan Widjajanti.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Minimal ada 5 kecakapan matematis (mathematical proficiency) yang perlu dipunyai seorang siswa agar sukses belajar matematika. Kelima kecakapan tersebut adalah: (1) pemahaman konseptual (conceptual understanding); (2) kelancaran prosedural (procedural fluency); (3) kompetensi strategis (strategic competence); (4) penalaran adaptif (adaptive reasoning); dan (5) disposisi produktif (productive disposition). Guru matematika berkewajiban memfasilitasi berkembangnya lima kecakapan matematis tersebut pada diri setiap siswa yang diajarnya. Untuk dapat menjadi seorang guru matematika yang mampu mengembangkan kecakapan matematis pada diri siswa maka setiap mahasiswa calon guru matematika terlebih dahulu harus menguasai lima kecakapan matematis tersebut. Strategi perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah bagi mahasiswa calon guru matematika dapat menjadi pilihan untuk mengembangkan kecakapan matematis mahasiswa. Pada makalah ini akan dibahas apa yang dimaksud dengan pemahaman konseptual, kelancaran prosedural, kompetensi strategis, penalaran adaptif dan disposisi produktif, serta bagaimana cara mengembangkannya pada diri mahasiswa calon guru matematika melalui strategi perkuliahan kolaboratif berbasis masalah. Kata kunci: kecakapan matematis (mathematical proficiency), mahasiswa, kolaboratif berbasis masalah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kecakapan matematis (mathematical proficiency), mahasiswa, kolaboratif berbasis masalah
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 05 Nov 2012 01:17
Last Modified: 05 Nov 2012 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7191

Actions (login required)

View Item View Item