Pengembangan Media Pembelajaran E-Module Physics In Life Berbasis SETS Berbantuan Aplikasi Adobe Indesign Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Penguasaan Materi Fisika Peserta Didik Kelas X SMA

Seftianingsih, Mutia Ulfah and Supahar, Supahar (2021) Pengembangan Media Pembelajaran E-Module Physics In Life Berbasis SETS Berbantuan Aplikasi Adobe Indesign Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Penguasaan Materi Fisika Peserta Didik Kelas X SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
fulltext_mutia ulfah seftianingsih_17302244031.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk e-module physics in life berbasis SETS berbantuan aplikasi adobe indesign yang memenuhi kriteria kelayakan. (2) Mendeskripsikan keefektifan produk e-module physics in life berbasis SETS berbantuan aplikasi adobe indesign terhadap peningkatan minat belajar dan penguasaan materi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D. Tahap define merupakan tahap observasi untuk memenuhi kebutuhan penelitian. Tahap design merupakan tahap perancangan media pembelajaran e-module dan instrumen penelitian. Tahap develop dihasilkan media pembelajaran e-module sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi peserta didik. Kelayakan media pembelajaran e-module berbasis SETS dilihat dari skor telaah menggunakan analisis SBI. Uji coba produk meliputi uji empiris kepada 92 peserta didik kelas XI MIPA, uji coba terbatas meliputi 22 peserta didik kelas XI MIPA, dan uji coba lapangan pada 70 peserta didik kelas X MIPA di SMA N 1 Slogohimo. Efektivitas produk dianalisis menggunakan MANOVA dan General Linear Model Mixed Anova. Tahap disseminate merupakan tahap penyebarluasan media pembelajaran e-module. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Telah dihasilkan e-module physics in life berbasis SETS yang layak untuk digunakan dengan nilai kelayakan media dan materi sebesar 3,88 dan 3,89 serta keterbacaan peserta didik sebesar 3,28 (2) E-module physics in life berbasis SETS yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi peserta didik. Ditinjau berdasarkan uji MANOVA diperoleh taraf signifikansi 0,001 (<0,05), menandakaan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran e-module dan powerpoint terhadap minat belajar dan penguasaan materi peserta didik. Ditinjau berdasarkan nilai effect size, diperoleh nilai partial eta square minat belajar kelas eksperimen sebesar 0,109 dalam kategori sedang dan penguasaan materi kelas eksperimen sebesar 0,284 dalam kategori sangat besar. Kata Kunci: e-module, SETS, adobe indesign, minat belajar, dan penguasaan materi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:37
Last Modified: 18 Jan 2022 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71881

Actions (login required)

View Item View Item