PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KOTAK BUDAYA MATERI KERAGAMAN RUMAH ADAT DAN PAKAIAN ADAT DI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SAWIT

Hanim, Gia Afifah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KOTAK BUDAYA MATERI KERAGAMAN RUMAH ADAT DAN PAKAIAN ADAT DI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SAWIT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Gia Afifah Hanim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan kotak budaya yang layak dan efektif digunakan untuk materi keragaman rumah adat dan pakaian adat di Indonesia pada mata pelajara IPS untuk siswa kelas IV SD. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Borg & Gall dengan sembilan langkah pengembangan, yaitu pengumpulan informasi, perencanaan, bentuk produk awal, uji lapangan tahap awal, revisi terhadap produk utama, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 23 siswa kelas IV SD Negeri 2 Sawit. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan kotak budaya layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,3 dengan kategori “sangat baik” atau “sangat layak”. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,1 dengan kategori “baik” atau “layak”. Hasil tanggapan siswa berdasarkan uji coba lapangan tahap awal memperoleh skor rata- rata 4,7 dengan kategori “sangat baik” atau “sangat layak”. Hasil uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4,94 dengan kategori “sangat baik” atau “sangat layak”. Hasil uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 4,97 dengan kategori “sangat baik” atau “sangat layak”. Hasil tanggapan guru memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori “sangat baik” atau “sangat layak”. Secara keseluruhan, media permainan kotak budaya layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas IV. Kata kunci: permainan kotak budaya, mata pelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:48
Last Modified: 05 Jan 2022 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71692

Actions (login required)

View Item View Item