PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERLATAR PONDOK PESANTREN PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII MTS

Eva, Yusnita (2011) PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERLATAR PONDOK PESANTREN PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII MTS. Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa. ISSN 978-979-99314-5-0

[img]
Preview
Text
PM-3 - Eva Yusnita.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual berlatar Pondok Pesantren pada dasarnya pemanfaatan realitas dan lingkungan yang dipahami peserta didik untuk memperlancar proses pembelajaran matematika sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai. Proses pembelajaran kontekstual berlatar Pondok Pesantren menggunakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari di pondok pesantren sebagai titik awal pembelajaran sehingga dicapai pembentukan konsep dan siswa dapat mengaplikasikan konsep tersebut pada masalah kontekstual sehingga dapat memperkuat pemahaman siswa. Salah satu materi yang sering muncul dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta merupakan dasar dalam belajar matematika selanjutnya adalah garis dan sudut. Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi garis dan sudut maka pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berlatar Pondok Pesantren dirancang berawal dari masalah sederhana yang berada di sekitar siswa yang berada di lingkungan pondok pesantren dan berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa dengan menggunakan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi garis dan sudut kelas VII MTs dengan pendekatan pembelajaran kontekstual berlatar Pondok Pesantren. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini modifikasi dari model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Sedangkan jenis penelitian ini adalah selain penelitian pengembangan juga termasuk penelitian eksperimen semu. Perangkat pembelajaran yang dimaksud adalah (1) rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) buku siswa, (3) lembar kegiatan siswa Kata kunci: pembelajaran kontekstual, Pondok pesantren, kooperatif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kontekstual, Pondok pesantren, kooperatif
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 05 Nov 2012 00:26
Last Modified: 05 Nov 2012 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7168

Actions (login required)

View Item View Item