PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS GAJASARI SELAMA KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR)

Sriwiyarti, Aprilia Endang (2022) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS GAJASARI SELAMA KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Aprilia Endang Sriwiyarti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui tingkat perhatian orang tua siswa kelas III sekolah dasar negeri se-gugus Gajasari selama kegiatan belajar dari rumah (BDR), 2) Mengetahui tingkat hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar negeri se- gugus Gajasari selama kegiatan belajar dari rumah (BDR), 3) Mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar negeri se-gugus Gajasari selama kegiatan belajar dari rumah (BDR). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar negeri se-gugus Gajasari, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sekolah dasar negeri se-gugus Gajasari. Populasi penelitian ini sebanyak 66 siswa. Instumen yang digunakan berupa skala perhatian orang tua dan dokumentasi nilai akhir semester siswa. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan uji reabilitas dengan menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang berupa uji linieritas. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan kategorisasi tingkat perhatian orang tua 12,12% siswa dalam kategori rendah, 66,66% siswa dalam kategori sedang, 21,21% siswa dalam kategori tinggi. Kategorisasi tingkat hasil belajar siswa yaitu 3,03% siswa dalam kategori rendah, 60,60% siswa dalam kategori sedang, 36,36% siswa dalam kategori tinggi. Dari hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar negeri se-gugus Gajasari selama kegiatan belajar dari rumah (BDR) dengan Fhitung sebesar 235,545 dengan signifikasi 0,00<0.05. Untuk koefisien determinan R2 diperoleh hasil 0,786 yang berarti sumbangan efektif perhatian orang tua terhadap hasil belajar sebesar adalah 78% dan sisanya 22% dipengaruhi oleh veriabel lain. Kata kunci: perhatian orang tua, hasil belajar, BDR, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:53
Last Modified: 04 Jan 2022 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71671

Actions (login required)

View Item View Item