Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo

Arifin, Mukhlas Nur (2021) Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_mukhlas nur arifin_17604221062.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran daring PJOK Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pengasih, kabupaten Kulon Progo selama Pendemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru PJOK Sekolah Dasar se-Kecamatan Pengasih sebanyak 35 guru. Penelitian ini termasuk penelitian populasi di mana sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi sebanyak 35 Guru. Data dikumpulkan dengan angket melalui Google Formulir. Analisa data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan TIK dalam pembelajaran daring PJOK Sekolah Dasar se-Kecamatan Pengasih, kabupaten Kulon Progo memperoleh hasil tingkat pengguaan TIK pada aspek Hardware tertinggi yaitu penggunaan perangkat telephone/smartphone/tablet persentase penggunaan 93,1% kategori (Sangat Tinggi), kedua penggunaan Flasdisk persentase penggunaan 80,5%, (Tinggi) ketiga penggunaan Personal Computer (PC) persentase penggunaan 78,8% (Tinggi) dan terendah penggunaan Camera Digital persentase penggunaan sebesar 69,1% (Tinggi). Sedangkat pada aspek Software pada urutan pertama penggunaan aplikasi Whatsapp persentase penggunaan 94,3% (Sangat Tinggi), kedua pengguhnaan program MS Office persentase penggunaan sebesar 88% (Sangat Tinggi), ketiga penggunaan aplikasi Google Chore/firefox/yahoo persentase penggunaan 86,6%, (Sangat Tinggi) dan terendah penggunaan aplikasi Pendidikan Sekolahmu persentase penggunaan 26,2% (Rendah).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, M.Pd., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: TIK, PJOK, pembelajaran daring
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Dec 2021 09:44
Last Modified: 31 Dec 2021 09:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71611

Actions (login required)

View Item View Item