Utami, Monica Wahyu (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PESERTA DIDIK SMA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR. S1 thesis, UNY.
|
Text
SKRIPSI_NOFI RAHMAYANTI.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (37MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peningkatan penguasaan materi peserta didik SMA yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media puzzle ditinjau dari minat belajar pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi (2) mengetahui perbedaan peningkatan penguasaan materi peserta didik SMA yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media puzzle, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen quasi (quasi experimental research). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretestposttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA di SMA N 1 Pakem tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik sampling tersebut digunakan untuk menentukan kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2, dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yaitu soal pretest, soal posttest, angket minat belajar fisika, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Data dianalisis menggunakan standard gain, uji ANCOVA dan General Linear Model Mixed Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan penguasaan materi peserta didik SMA yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media puzzle ditinjau dari minat belajar pada materi hukum newton tentang gravitasi dan (2) terdapat perbedaan peningkatan penguasaan materi peserta didik SMA yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media puzzle, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari minat belajar. Peningkatan penguasaan materi pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 diperoleh nilai standard gain berturut-turut yaitu 0,45 dan 0,4 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol diperoleh nilai standard gain yaitu 0,25 dengan kategori rendah. Kata Kunci : Jigsaw, media puzzle, penguasaan materi fisika, Hukum Newton tentang Gravitasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 03:55 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 03:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71538 |
Actions (login required)
View Item |