Novi Trimahyatul, Hidayah (2021) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Novi Trimahyatul Hidayah_15112141043.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian mengenai hubungan dukungan sosial dengan subjective wellbeing pada anak usia sekolah dasar belum banyak dilakukan. Peranan dukungan sosial dari orang tua, teman sebaya, dan guru penting bagi subjective well-being anak usia sekolah dasar. Penting untuk mengetahui subjective well-being pada anak usia sekolah dasar karena tahun sekolah dasar merupakan pondasi yang akan mempengaruhi pengalaman pendidikan selanjutnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan antara dukungan sosial dengan subjective well-being pada anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak usia sekolah dasar kelas IV sampai dengan VI yang berjumlah 140 anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala psikologi, yaitu skala dukungan sosial (α=0,924) dan skala subjective well-being (α=0,902). Reliabilitas kedua skala tersebut diuji dengan menggunakan metode koefisien reliabilitas Alpha Cronbach. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik korelasi product moment dari Pearson. Koefisien korelasi yang diperoleh 0,619 dengan probabilitas 0,000 (p<0,01) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 38,3%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dengan subjective well-being pada anak usia sekolah dasar. Artinya, semakin tinggi tingkat dukungan sosial maka akan semakin tinggi pula tingkat subjective well-being pada anak usia sekolah dasar. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah subjective well-being pada anak usia sekolah dasar. Kata kunci; dukungan sosial, subjective well-being, anak usia sekolah dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi |
Depositing User: | Jurusan Psikologi |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 05:57 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 05:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70812 |
Actions (login required)
View Item |