Widyawati, Agnes Rina and Sugiyono, Sugiyono (2020) Manajemen Pendidikan Inklusif SD Negeri Gejaya dan SD Taman Muda Taman Siswa Ibu Pawiyatan Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
tesis-agnes rina widyawati-17703254012.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi pendidikan inklusif di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gejaya dan SD Taman Muda Taman Siswa Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi dengan melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap kegiatan manajemen pendidikan inklusif di SDN Gejaya dan SD Taman Muda Taman Siswa Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara semi terstruktur dengan kepala sekolah, petugas kurikulum, staf siswa, guru, siswa, dan guru pendamping khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Gejaya dan SD Taman Muda IP Tamansiswa memiliki manajemen pendidikan inklusif yang memenuhi standar sebagaimana dibuktikan oleh: 1) model kurikulum yang digunakan adalah model kurikulum regular dengan modifikasi; 2) pelayanan yang diberikan kepada siswa sangat beragam mulai dari asesmen, layanan kesehatan, terapi, bimbingan konseling, dan ekstrakulikuler. Sedangkan untuk pembelajaran menggunakan model kelas regular dengan pull out; 3) tenaga pendidik dan kependidikan sudah memadahi terutama tenaga GPK; 4) fasilitas pendidikan yang aman dan mendukung mobilitas ABK. Keempat standar tersebut dapat dikembangkan menjadi model manajemen yang efektif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak berkebutuhan khusus, manajemen pendidikan, pendidikan inklusif |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 02:00 |
Last Modified: | 28 May 2021 05:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70458 |
Actions (login required)
View Item |