Manajemen Kurikulum Berbasis Kewirausahaan Di Sekolah Dasar Unggulan Aisiyah Bantul Dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila 3 Banguntapan Bantul.

Fahira, Fani and Raharja, Setya (2020) Manajemen Kurikulum Berbasis Kewirausahaan Di Sekolah Dasar Unggulan Aisiyah Bantul Dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila 3 Banguntapan Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-fani fahira-17703251085.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan : (1) Mendeskripsikan proses perencanaan pendidikan kewirausahaan di Sekolah Dasar Unggulan Aisiyah Bantul dan SDIT Salsabila 3 Banguntapan. (2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di Sekolah Dasar Unggulan Aisiyah Bantul dan SDIT Salsabila 3 Banguntapan.. (3) Mendeskripsikan proses evaluasi pendidikan kewirausahaan di Sekolah Dasar Unggulan Aisiyah Bantul dan SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Penelitian ini menggunakan metode kualitataf dengan pendekatan study case. Subjek penelitian wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru kelas, orang tua siswa, dan peserta didik dan komite di Sekolah Dasar Unggulan Aisiyah Bantul dan SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Objek penelitian berupa pelaksanaan pendidikan kewirausahaan meliputi proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pendidikan kewirausahaan di Sekolah Dasar Unggulan Aisiyah Bantul dan SDIT Salsabila 3 Banguntapan kedua dilaksanakan oleh tim penyusun kurikulum di awal tahun pelajaran, keduanya melibatkan pihak eksternal dan internal. (2) Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di Sekolah Dasar Unggulan Aisiyah Bantul melalui kegiatan pembelajaran, ekstrakulikuler dan kultur sekolah. Sementara SDIT Salsabila 3 Banguntapan melalui kegiatan ektrakulikuler saja. (3) Evaluasi pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di Sekolah Dasar Unggulan Aisiyah Bantul dan SDIT Salsabila 3 Banguntapan yakni melalui rapat sekolah, observsi, supoeervisi dan catatn khusus dari guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen kurikulum, pendidikan kewirausahaan, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Apr 2021 03:36
Last Modified: 28 May 2021 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70412

Actions (login required)

View Item View Item