Manajemen Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMKN 1 Manado.

Rembang, Maria Fransye Iriani and Purwastuti, Lusila Andriani (2020) Manajemen Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMKN 1 Manado. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-maria iriani fransye rembang-17703251028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menemukan pola/konsep manajemen program Praktik Kerja Lapangan, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan yang dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Manado. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SMKN 1 Manado, selama bulan Januari-Mei 2019. Sumber data dalam penelitian adalah wakil kepala sekolah bidang humas, pelaksana program kerja (TIM Pokja) PKL, ketua program keahlian UPW, guru penanggung jawab lokasi, pihak dunia usaha/industri, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, untuk keabasahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Untuk analisis data menggunakan model Interaktif menurut Miles et al. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan PKL merupakan jenis perencanaan Top Down Planning dengan menggunakan pendekatan ketenagakerjaan. (2) Pengorganisasian dalam manajemen program PKL ini dikerjakan berdasarkan pada struktur organisasi formal, proses pengorganisasian juga melibatkan pihak dunia usaha/industri (DU/DI) dalam berkoordinasi secara terbuka dan resmi. Sekalipun dalam pelaksanaan sistem pendelegasian tugas dan pengambilan keputusan masih belum bisa diterapkan. (3) Pelaksanaan PKL dikerjakan dengan pendekatan Appretiencship yang merupakan perpaduan pembelajaran di kelas dan industri. Pelaksanaan ini mengalami bias tujuan dikarenakan pembelajaran di lapangan menjadi tidak sesuai dengan kompetensi keahlian siswa. (4) Bentuk pengontrolan yang dilakukan dalam manajemen program PKL adalah dengan teknik pengawasan tidak langsung. Namun pengontrolan pada hasil penilaian oleh DU/DI mengalami ketidaksesuain dengan pembelajaran siswa dilapangan. Pola yang ditemukan dalam pengelolaan program PKL di SMKN 1 Manado adalah manajemen formal dengan sistem terbuka, hal ini ditunjukan dalam keseluruhan sistem manajemen program PKL yang bersifat terpimpin, resmi, dan terstrukur juga hubungan dengan pihak eksternal yang terbuka dalam menciptakan kerjasama untuk mencapai tujuan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, program praktik kerja lapangan (PKL), sekolah menengah kejuruan.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Apr 2021 06:56
Last Modified: 28 May 2021 05:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70390

Actions (login required)

View Item View Item