Pengaruh Manajemen Kinerja Guru, Budaya Organisasi, Pengembangan Diri terhadap Motivasi Kerja dan Keterampilan Interpersonal serta Dampak Selanjutnya terhadap Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta.

Sutikno, Agus and Sugiyono, Sugiyono (2021) Pengaruh Manajemen Kinerja Guru, Budaya Organisasi, Pengembangan Diri terhadap Motivasi Kerja dan Keterampilan Interpersonal serta Dampak Selanjutnya terhadap Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-agus sutikno-13704261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur nilai setiap variabel yang memengaruhi kompetensi guru, menguji struktur hubungan variabel yang memengaruhi kompetensi guru, mengukur pengaruh langsung dan tidak langsung manajemen kinerja guru, budaya organisasi, pengembangan diri, motivasi kerja dan keterampilan interpersonal terhadap kompetensi guru SD di Kota Yogyakarta Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survey. Penelitian dilaksanakan di SD negeri wilayah Kota Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah guru SD yang berstatus PNS. Populasi penelitian berjumlah 1.078 guru dan sampel penelitian berjumlah 283 guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik area random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael.Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Validitas instrumen diuji dengan menggunakan pendapat ahli . Uji reliabilitas instrumen dilakukan secara internal consistency. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial parametris t-test 1 sampel dan analisis jalur dengan pendekatan model persamaan structural (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.Nilai kompetensi guru tinggi, 2. Nilai manajemen kinerja guru baik, 3.Nilai budaya organisasi baik, 4.Nilai pengembangan diri baik, 5.Nilai motivasi kerja baik, 6.Nilai keterampilan interpersonal tinggi, 7. Struktur hubungan variabel yang memengaruhi kompetensi guru SD di Kota Yogyakarta didukung dengan data, 8.a. pengaruh manajemen kinerja guru terhadap kompetensi guru melalui motivasi kerja dan keterampilan interpersonal sangat rendah, b. pengaruh budaya organisasi terhadap kompetensi guru melaui motivasi kerja dan keterampilan interpersonal rendah, c. pengembangan diri tidak memengaruhi kompetensi guru melalui motivasi kerja dan keterampilan interpersonal, d. pengaruhmotivasi kerja terhadap kompetensi guru termasuk sedang, d. pengaruh keterampilan interpersonal terhadap kompetensi guru termasuk kuat. Saran: 1. Sekolah perlu meningkatkan kompetensi guru melalui: a. penerapan model MBO, b. membangun budaya yang kuat menuju communal culture, c. pembuatan program pengembangan diri (mandiri, mengirim guru, mengikuti KKG, madani). 2. Dinas pendidikan memberikan kebijakan peningkatan kompetensi guru dengan memperhatikan faktor-faktor yang memengaruhi kompetensi guru.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kinerja Guru, Budaya Organisasi, Pengembangan Diri, Kompetensi Guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Apr 2021 07:02
Last Modified: 28 May 2021 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70345

Actions (login required)

View Item View Item