Nayudyantika, Ristania Fielda (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PAPERGIAN (PAPAN BERHITUNG PEMBAGIAN) UNTUK MATERI PEMBAGIAN BERSUSUN DI KELAS III SD NEGERI MANDUNGAN PIYUNGAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Ristania FN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran papan berhitung pembagian (PAPERGIAN) yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika pembagian berususun kelas III SD Negeri Mandungan. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan atau research and development yang melalui 7 langkah dari 10 langkah penelitian model Borg dan Gall. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti melalui observasi, wawancara, dan angket respon. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan ialah media PAPERGIAN telah layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan hasil validasi materi dengan memperoleh skor rata-rata 4,3 oleh ahli materi, validasi pada tahap akhir dengan perolehan skor 4 oleh ahli media, validasi guru sebagai praktisi pada tahap akhir dengan perolehan skor rata-rata 4,8, dan juga hasil uji coba utama yang memperoleh skor rata-rata 4,92 oleh siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media PAPERGIAN sudah dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas III sekolah dasar. Kata Kunci : media pembelajaran, PAPERGIAN
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 03:30 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 03:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70258 |
Actions (login required)
View Item |