Model Asesmen untuk Sertifikasi Kompetensi Kerja Tenaga Kerja Konstruksi.

Utomo, Heru Budi and Slamet, PH (2020) Model Asesmen untuk Sertifikasi Kompetensi Kerja Tenaga Kerja Konstruksi. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
disertasi-heru budi utomo-15701261001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model asesmen untuk sertifikasi kompetensi kerja tenaga kerja konstruksi. Model ini terdiri dari: (1) instrumen asesmen, (2) pedoman penskoran dan penentuan kompeten/belum kompeten, dan (3) pedoman pelaksanaan asesmen. Metode penelitian ini research and development (R&D) menggunakan model penelitian pengembangan . Instrumen penilaian diri terdiri dari 12 faktor 45 item divalidasi dengan teknik: (1) validitas isi oleh expert judgment dianalisis Aiken’s, (2) validitas konstruk dengan confirmatory factor analysis (CFA), dan (3) karakteristik butir dengan Rasch Model; sementara instrumen asesmen uji tertulis terdiri dari 4 faktor 37 item divalidasi dengan teknik: (1) validitas isi oleh expert judgment dianalisis Aiken’s, (2) validitas konstruk dengan CFA, dan (3) karakteristik butir dengan item response theory (IRT). Uji keterbacaan dilakukan oleh 25 responden yang terdiri dari ahli/pakar akademisi, praktisi, dan pengguna. Uji keterbacaan menilai instrumen asesmen, panduan penskoran dan pedoman pelaksanaan asesmen. Uji coba terbatas untuk produk (model) instrumen diujikan pada 112 peserta uji kompetensi untuk sertifikasi Ahli Teknik Jalan di tempat uji kompetensi Politeknik Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro. Uji coba lapangan diperluas untuk produk intrumen peniliaan diri dan intrumen asesmen uji tertulis diujikan pada 264 responden. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, pedoman wawancara, dan observasi. Analisis validitas konstruk dengan CFA menggunakan software AMOS. Panduan penskoran dan penentuan kompeten/tidak kompeten untuk penilaian diri dan asesmen uji tertulis disediakan dan dijelaskan dalam disertasi. Hasil uji keterbacaan bahwa model yang dibuat dalam kategori baik dan layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dihasilkan akurat, terpercaya, dan praktis digunakan. Hal ini dikarenakan: (1) instrumen yang ada dalam model ini memiliki validitas konstruk dan reliabilitas tinggi, (2) teknik penskoran yang digunakan adalah dikotomus yang dianalisis secara cermat, penentuan passing grade menggunakan teknik deskriptif, dan (3) panduan penskoran dan penentuan kompeten/belum kompeten, dan pedoman pelaksanaan asesmen sudah dinilai sangat baik oleh Tim focus group discussion (FGD) yang terdiri para ahli/pakar akademisi, praktisi, Unit Sertifikasi Tenaga Kerja pada Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi, Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, asesor kompetensi tenaga kerja konstruksi, dan peserta uji kompetensi. Model penilaian ini sudah memenuhi persyaratan pengujian atau telah diuji coba sehingga model ini dapat digunakan sebagai standar penilaian untuk sertifikasi kompetensi kerja tenaga kerja konstruksi pada bidang ahli teknik konstruksi secara umum di Indonesia.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model asesmen, instrumen sertifikasi, kompetensi kerja, tenaga kerja konstruksi, ahli teknik jalan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:34
Last Modified: 26 Feb 2021 03:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70133

Actions (login required)

View Item View Item