IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI RANDUSARI KOTAGEDE

Sholichin, Ahmad (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI RANDUSARI KOTAGEDE. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ahmad Sholichin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui budaya sekolah di Sekolah Dasar Negeri Randusari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa yang ditentukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan komponen analisis data model Miles & Huberman meliputi, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui budaya sekolah dalam lapisan artifak, berupa benda fisik dan bangunan dengan kebersihan dan kerapian yang tertata seperti adanya halaman sekolah, gedung sekolah, ruang kelas, kamar mandi, tempat cuci tangan, taman sekolah, taman kelas, pohon perindang, adanya slogan dan poster, serta ketersediaan peralatan kebersihan. Semua bangunan dan benda fisik tersebut untuk digunakan penguatan lingkungan yang mendukung pendidikan karakter peduli lingkungan. Implementasi pada lapisan perilaku yang ada di SD Negeri Randusari diimplementasikan dalam aktivitas yang terpatri dalam diri meliputi kegiatan piket kelas; kegiatan Jum’at bersih; kegiatan pembiasaan menjaga kebersihan, kesehatan, dan kelestarian lingkungan sekolah; pemberian hal spontan berupa apresiasi dan hukuman; serta adanya keteladanan. Implementasi pada lapisan ide berupa visi sekolah yang terkait pendidikan karakter secara umum salah satunya kepedulian lingkungan; misi sekolah yaitu melaksanakan kegaiatan 7K untuk menunjang kepedulian lingkungan; tujuan sekolah yaitu menanamkan kepada siswa sikap peka dan peduli terhadap lingkungan; serta kebijakan dan peraturan sekolah yang bertujuan untuk menanamkan dan mengembangkan karakter kepedulian serta kepekaan terhadap lingkungan. Kata Kunci: Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan, Budaya Sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:46
Last Modified: 30 Nov 2020 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69643

Actions (login required)

View Item View Item