PENGARUH VARIASI LATIHAN KARET TERHADAP SPEED OF MOVEMENT BANTINGAN UCHIMATA UNIT KEGIATAN MAHASISWA JUDO UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2020

Putra, Ridwan Aji Herma (2020) PENGARUH VARIASI LATIHAN KARET TERHADAP SPEED OF MOVEMENT BANTINGAN UCHIMATA UNIT KEGIATAN MAHASISWA JUDO UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIDWAN 13.10.20 PASCA SIDANG.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah kurangnya variasi latihan di UKM Judo UNY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi latihan karet terhadap speed of movement bantingan uchimata pada UKM Judo UNY tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “quasi eksperiment design bentuk One-Group Pretest – Posttest Design”. Sampel penelitian ini adalah atlet UKM Judo UNY yang berjumlah 10 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria : (1) Mahasiswa aktif aktif UNY (2) Berusia 17-22 Tahun, (3) Jenis kelamin laki – laki maupun perempuan, (4) Menguasai teknik dasar judo, (5) Minimal Kyu 2. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample T-test. Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya pengaruh variasi latihan karet terhadap speed of movement pada bantingan uchimata UKM Judo UNY dengan nilai Thitung sebesar = 6,128 dan nilai signifikasi 5% oleh karena itu H1 yang menyatakan bahwa adanya pengaruh variasi latihan karet terhadap speed of movement pada bantingan uchimata UKM Judo UNY “diterima” (2) hasil mean speed of movement UKM Judo UNY saat pelaksanaan pretest sebesar 5,2 dan post-test 6,3 sehingga dapat diketahui peningkatan pengaruh latihan tahanan karet terhadap speed of movement bantingan uchimata pada UKM Judo UNY sebesar 1,100=1,1%. Dengan demikian Ho yang menyatakan “tidak adanya peningkatan speed of movement pada bantingan uchimata UKM Judo UNY “ditolak” dan H1 yang menyatakan “Terjadi peningkatan speed of movement bantingan uchimata pada UKM Judo UNY tahun 2020 “diterima”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Latihan karet, Speed Of Movement, Uchimata.
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:09
Last Modified: 23 Nov 2020 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69602

Actions (login required)

View Item View Item