PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PEMBELAJARAN ATLETIK START JONGKOK UNTUK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS

Fathurrahman, Fito Abdi (2020) PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PEMBELAJARAN ATLETIK START JONGKOK UNTUK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full Text.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan rubrik penilaian ranah psikomotorik pembelajaran atletik start jongkok untuk tingkat Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan berdasarkan data kualitatif dan data kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PJOK dan peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pendahuluan teknik pengumpulan data ialah wawancara. Teknik pengumpulan data pengembangan produk saat validasi ahli menggunakan teknik CVR. Teknik pengumpulan data uji coba di lapangan (skala kecil dan skala besar) menggunakan instrumen yang telah disusun. Hasil penelitian diperoleh pada uji coba kelompok kecil koefisien reliabilitas sebesar 0,861, pada uji coba kelompok besar diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,779. Validasi isi melibatkan tujuh ahli untuk melakukan penilaian terhadap isi dari instrumen rubrik penilaian aspek psikomotorik pembelajaran atletik yaitu sebesar 0,959 sehingga dapat dikatakan bahwa instrumen sangat sesuai untuk digunakan sebagai penilaian aspek psikomotorik pembelajaran atletik start jongkok untuk tingkat Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rubrik penilaian, Aspek Psikomotorik, Pembelajaran Atletik
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:29
Last Modified: 19 Oct 2020 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69345

Actions (login required)

View Item View Item