Herdiono, Nurasa Arief and Retnowati, Trie Hartiti (2019) Identifikasi Jenis Ornamen Candi Sambisari dan Implementasinya pada Pembelajaran Batik di MI Sultan Agung Kabupaten Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (19MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan nilai simbolik ornamen candi Sambisari, (2) menghasilkan modul pembelajaran batik berbasis ornamen candi Sambisari untuk kebutuhan peserta didik ekstrakurikuler batik di MI Sultan Agung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pengembangan (R&D). Penelitian kualitatif yang menjadi objek penelitian adalah ornamen candi Sambisari, sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder, Teknik analisis terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Validasi data diperoleh dari ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi. Prosedur penelitian pengembangan: (1) studi pendahuluan, (2) perancangan produk, dan (3) validasi produk. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Data diabsahkan dengan triangulasi oleh ahli media, ahli materi, guru dan siswa. Hasil penelitian ini berupa: (1) identifikasi jenis ornamen candi Sambisari yaitu, motif Kala melambangkan penolak bala, motif Makara melambangkan simbol keselamatan, motif Sangkha Bersayap melambangkan kesuburan, motif Purnaghata melambangkan keberuntungan dan kebahagiaan, motif Purnakalasa melambangkan kemakmuran, motif Sulur Gelung merupakan simbol kehidupan, motif bunga matahari melambangkan kesetiaan dan kebahagiaan, motif bunga teratai melambangkan kemurnian dan kesucian. (2) modul pembelajaran batik berbasis ornamen candi Sambisari, yang diolah menggunakan CorelDraw X7. Modul ini telah divalidasi oleh ahli materi yang menilai aspek pembelajaran dan materi/isi, ahli media yang menilai aspek desain tampilan, guru batik menilai aspek keseluruhan yaitu pembelajaran, materi/isi, desain tampilan, dan kenyamanan penggunaan, hingga akhirnya para ahli menyatakan bahwa modul layak digunakan sebagai pembelajaran. Tahap uji coba dilakukan selama dua kali pertemuan kepada sebelas siswa kelas ekstrakurikuler. Pada pelaksanaan uji coba ditemukan melalui wawancara bahwa modul pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui modul pembelajaran ini siswa dapat lebih mudah memahami materi. Dengan demikian, modul pembelajaran batik berbasis ornamen candi Sambisari ini layak digunakan dalam pembelajaran batik di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai simbolik, modul, ornamen, batik. |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 07:22 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 07:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69303 |
Actions (login required)
View Item |