Lestari, Dwi and Prasetyo, Zuhdan Kun (2019) Pengembangan Electronic Module IPA Berbasis Inkuiri untuk Memfasilitasi Keterampilan Proses Sains dan ICT Literacy. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (830kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan e-module IPA berbasis inkuiri yang layak digunakan sebagai suplemen bahan ajar dan diharapkan dapat memfasilitasi keterampilan proses sains dan ICT literacy peserta didik secara efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pengembangan e- module IPA dilakukan melalui tahap analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, dan penyebarluasan produk. Tahap pengembangan terdiri dari tahap uji ahli dan uji coba, baik dalam uji coba skala terbatas maupun uji coba di kelas pembelajaran. Kelayakan produk diketahui dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media dengan didukung hasil penilaian kepraktisan oleh guru. Tahap uji coba dilaksanakan di SMP N 6 Temanggung. Subjek uji coba skala terbatas terdiri dari sembilan peserta didik kelas VIII. Subjek uji coba di kelas pembelajaran terdiri dari 32 peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Uji coba di kelas pembelajaran menggunakan pretest-posttest control group design. Pembelajaran di kelas eksperimen menerapkan e-module IPA berbasis inkuiri yang dikembangkan, sedangkan pembelajaran di kelas kontrol menggunakan buku Siswa IPA yang biasa digunakan oleh guru. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda beralasan untuk menilai keterampilan proses sains dan lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains dan ICT literacy peserta didik. Intrumen non-tes berupa lembar angket untuk mengetahui kelayakan produk, kepraktisan produk, keterbacaan produk, dan ICT literacy peserta didik. Analisis data menggunakan uji deskriptif, uji independet sample t-test dengan nilai taraf signifikansi 0,05, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-module IPA berbasis inkuiri yang dikembangkan layak untuk digunakan, (2) e-module IPA berbasis inkuiri dapat memfasilitasi keterampilan proses sains peserta didik, dan (3) pembelajaran menggunakan e-module IPA berbasis inkuiri dapat memfasilitasi ICT literacy peserta didik. Mengacu pada hasil tersebut maka e-module IPA yang dikembangkan dapat menjadi salah satu alternatif suplemen bahan ajar IPA yang layak digunakan untuk memfasilitasi keterampilan proses sains peserta didik SMP. Suplemen e-module IPA yang dikembangkan juga mendukung penguasaan keterampilan abad 21 yaitu ICT literacy.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-module IPA, ICT literacy, inkuiri, keterampilan proses sains |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 03:46 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 03:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69181 |
Actions (login required)
View Item |