PENGEMBANGAN ALAT BRAIN PACE TEST TECHNOLOGY (BPT-TECH) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN DAYA TAHAN ANAEROBIK DAN KECEPATAN PEMAIN SEPAKBOLA

Adriyani, Riska (2020) PENGEMBANGAN ALAT BRAIN PACE TEST TECHNOLOGY (BPT-TECH) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN DAYA TAHAN ANAEROBIK DAN KECEPATAN PEMAIN SEPAKBOLA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
E-SKRIPSI RISKA PENGEMBANGAN ALAT BTP-TECH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan dalam penelitian ini bertujuan mengembangkan alat Brain Pace Test Technology (BPT-Tech) untuk mengukur kemampuan daya tahan anaerobik dan kecepatan pemain sepakbola. Pengembangan ini diharapkan dapat digunakan dalam Sekolah Sepakbola untuk meningkatkan kemampuan biomotor melalui latihan dan pengujian yang terukur. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Pengembangan BPT-Tech untuk mengukur kemampuan daya tahan anaerobik dan kecepatan ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) pembuatan produk, (3)validasi ahli dan revisi, (4) uji coba produk; uji coba kelompok kecil/revisi dan uji coba kelompok besar/revisi, dan (5) produk akhir. Subjek uji coba adalah pemain SSB GISS BMFA Indonesia Balikpapan yang terdiri dari uji coba kelompok kecil sejumlah 12 orang terdiri dari 10 pemain 2 pelatih dan uji coba kelompok besar sejumlah 23 orang terdiri dari 20 pemain 3 pelatih. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket atau kuisioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan BPT-Tech berbasis sensor untuk mengukur kemampuan daya tahan anaerobik dan kecepatan pemain sepakbola dinyatakan baik melalui uji kelompok kecil dengan presentase 87% masuk dalam kategori sangat layak dan pada uji coba kelompok besar dengan prsentase 85% masuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil dari serangkaian tersebut, pengembangan BPT-Tech berbasis sensor untuk mengukur kemampuan daya tahan anaerobik dan kecepatan pemain yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nawan Primasoni, S.Pd.Kor., M.Or.
Uncontrolled Keywords: sepakbola
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Sep 2020 01:38
Last Modified: 28 Sep 2020 01:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69048

Actions (login required)

View Item View Item