PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SD N SONO BANTUL

Kurniawan, Farida (2020) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SD N SONO BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Farida Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS menggunakan metode pembelajaran course review horay pada siswa kelas IV SD N Sono Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi: (1) tahap perencanaan, (2) pelaksanaan dan observasi, dan (3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Sono Bantul yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan skala psikologi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan skala keaktifan belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode course review horay dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD N Sono Bantul dalam mata pelajaran IPS yang ditandai dengan meningkatnya persentase keaktifan belajar siswa. Hasil rata-rata skala keaktifan belajar IPS siswa pada pra siklus adalah 66% dengan kriteria sedang, meningkat pada siklus I menjadi 72% dengan kriteria sedang, dan meningkat pada siklus II menjadi 82% dengan kriteria tinggi. Kata kunci: keaktifan belajar IPS, metode pembelajaran course review horay

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:48
Last Modified: 29 Jul 2020 04:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68649

Actions (login required)

View Item View Item