Afrilia, Tifani Tri (2020) PERSEPSI SISWA KELAS X IPS TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
SKRIPSI FANI dokumen.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa positif persepsi siswa kelas X IPS terhadap pembelajaran renang di SMA N 4 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket persepsi siswa terhadap pembelajaran renang pada kelas X SMA N 4 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Validasi data menggunakan rumus product moment dengan r hit > r tab (0,234). Reliabilitas menggunakan cronbach alpha yaitu reliabilitas 0,870. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS sebanyak 71 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran renang pada kelas X SMA N 4 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 dalam kategori positif sebesar 66,2 % dengan hasil presentase faktor internal sejumlah sangat positif 9,9 %, positif 23,9 %, dan sedang 32,4 %. Sedangkan persepsi untuk kategori negatif sebesar 33,8 % dengan hasil presentase faktor eksternal sejumlah negatif 29,6 % dan sangat negatif 4,2 %. Sehingga dapat dikatakan persepsi siswa kelas X SMA N 4 Yogyakarta kategori positif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, pembelajaran renang, siswa |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 05:37 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 05:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68622 |
Actions (login required)
View Item |