HUBUNGAN POLA PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN AKTIVITAS JASMANI SISWA SMP NEGERI 2 CANGKRINGAN

Wicaksono, Feby Wulan Sari (2020) HUBUNGAN POLA PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN AKTIVITAS JASMANI SISWA SMP NEGERI 2 CANGKRINGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Feby Tugas Akhir Skripsi Ujian fix-dikonversi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media digital pada era revolusi 4.0 yaitu penggunaan alat digital yang dapat membantu pekerjaan sehari-hari yang namun pola penggunaan media digital akan membawa dampak yang positif dan negatif. Aktivitas jasmani dimasa remaja merupakan masa yang penting untuk menentukan perkembangan dan pertumbuhan seseorang. Pola penggunaan media digital dan aktivitas jasmani siswa di SMP Negeri 2 Cangkringan belum diketahui. Maka pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola penggunaan media digital dan aktivitas jasmani siswa SMP Negeri 2 Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Cangkringan yaitu populasi sejumlah 262 siswa dengan sampel diambil sebanyak 158 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji analisis dan analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk uji kecenderungan persentase yang terbagi kedalam 4 kategori. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan pola penggunaan media digital dan aktivitas jasmani siswa SMP Negeri 2 Cangkringan berkolerasi lemah dengan r = 0,006 dinyatakan lemah dan statistik hubungannya tidak bermakna p = 0.938 (p > 0.05 ). Dalam penelitian ini ditemukan korelasi yang lemah antara penggunaan media sosial dengan aktivitas jasmani dan secara statistik tidak bermakna.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola Penggunaan, Media Digital, Aktivitas Jasmani, Remaja
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Jul 2020 01:55
Last Modified: 07 Jul 2020 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68467

Actions (login required)

View Item View Item