PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN BILANGAN CACAH MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL DI KELAS I SD NEGERI 1 SANDEN BANTUL

Perdiwati, Nanda Amran (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN BILANGAN CACAH MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL DI KELAS I SD NEGERI 1 SANDEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nanda Amran Perdiwati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui media papan flanel di kelas I SD Negeri 1 Sanden Bantul Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) model Kemmis & McTaggart yang berlangsung dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Sanden yang berjumlah 22 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator kriteria keberhasilan adalah 90% dari jumlah siswa yang mencapai Kriteria Keberhasilan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu nilai ≥ 70, skor aktivitas siswa dan guru yang diperoleh lebih dari 85% dengan klasifikasi sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika materi perbandingan bilangan cacah di kelas I SD Negeri 1 Sanden dapat ditingkatkan melalui penggunaan media papan flanel. Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukkan peningkatan partisipasi guru dari 83,3% hingga mencapai 87%. Peningkatan partisipasi aktif siswa pada siklus I ke siklus II dari 80% menjadi 93%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui tes pada siklus I dan siklus II sebesar 19% yaitu sebanyak 17 siswa (77%) menjadi 21 siswa (96%) dari jumlah siswa secara keseluruhan yang mengikuti tes. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan sebanyak 10,37 yaitu dari 67,22 menjadi 77,59. Kata Kunci : matematika, media papan flanel

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:55
Last Modified: 23 Jun 2020 06:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68338

Actions (login required)

View Item View Item