Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Saman dan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo I Kabupaten Bantul DIY.

Hestiana, Ratna and Sugiyono, Sugiyono (2019) Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Saman dan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo I Kabupaten Bantul DIY. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen pendidikan MI Ma’arif Saman dan MI Ma’arif Giriloyo I dalam hal manajemen kurikulum, manajemen tenaga pendidik dan kependidikan, manajemen peserta didik, manajemen sarana dan prasarana, dan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi dengan melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap kegiatan manajemen pendidikan madrasah pada Madrasah ibtidiyah (MI) Ma’arif Saman dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Giriloyo I, lembaga pendidikan yang dinaungi oleh Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model analisis data dari Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan yang ada di MI Ma’arif Saman dan MI Ma’arif Giriloyo I dilakukan dengan beberapa cara untuk membuat manajemen pendidikan di kedua MI tersebut menjadi lebih terorganisir dan efektif. Kedua madrasah tersebut telah mengembangkan Kurikulum 2013, selain itu tenaga pendidik dan kependidikan yang ada dapat menambah kualitas dan kuantitas dalam kegiatan belajar mengajar karena dilakukan dengan berbagai cara metode untuk memberikan materi, tidak hanya menggunakan metode ceramah saja. Selain itu pada tahun ajaran baru 2019/2020, MI Ma’arif Giriloyo I juga sudah mendapatkan calon peserta didik sebanyak dua kelas meskipun belum membagikan brosur atau mengumumkan pendaftaran untuk penerimaan peserta didik baru. Sedangkan MI Ma’arif Saman mendapatkan satu kelas untuk calon peseta didik baru dengan mengunggulkan progam unggulan yang masih jarang diadakan di sekolah dasar pada umumnya begitu juga hubungan sekolah dengan masyarakat yang berjalan dengan baik untuk bersama- sama memajukan pendidikan yang ada di Indonesia terutama di MI Ma’arif Saman dan MI Ma’arif Giriloyo I.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: madrasah ibtidaiyah, manajemen pendidikan, MI Ma’arif
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Feb 2020 03:00
Last Modified: 28 May 2021 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67719

Actions (login required)

View Item View Item