Kinerja Guru Tata Boga bersertifikasi di SMK Negeri Kota Yogyakarta.

Sunarni, Sunarni and Lastariwati, Badraningsih (2019) Kinerja Guru Tata Boga bersertifikasi di SMK Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui context kinerja guru Tata Boga bersertifikasi di SMK Negeri Kota Yogyakarta, (2) untuk mengetahui input kinerja guru Tata Boga bersertifikasi di SMK Negeri Kota Yogyakarta, (3) untuk mengetahui process kinerja guru Tata Boga bersertifikasi di SMK Negeri Kota Yogyakarta, dan (4) untuk mengetahui product kinerja guru Tata Boga bersertifikasi di SMK Negeri Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri Tata Boga di kota Yogyakarta yang meliputi SMK Negeri 4 Yogyakarta dan SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2019 sampai Agustus 2019. Subyek pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru Tata Boga yang bersertifikasi, dan siswa. Kepala sekolah ada 2 yaitu kepala sekolah SMK Negeri 4 Yogyakarta dan kepala sekolah SMK Negeri 6 Yogyakarta. Guru Tata Boga yang bersertifikasi ada 25 yang terdiri dari 15 guru dari SMK Negeri 4 Yogyakarta dan 10 guru dari SMK Negeri 6 Yogyakarta. Siswa yang digunakan adalah siswa kelas XI sebanyak 62 orang yang terdiri dari 30 siswa SMK Negeri 4 Yogyakarta, dan 32 siswa SMK Negeri 6 Yogyakarta. Obyek penelitian ini yaitu kinerja guru Tata Boga yang meliputi kompetensi guru, perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, evaluasi kinerja guru Tata Boga bersertifikasi. Pengumpulan data melalui angket dan observasi. Analisis data evaluasi CIPP dilakukan sesuai dengan jenis data yang diperoleh. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Evaluasi pada aspek konteks dilihat dari kompetensi guru sebagian besar dalam kategori sangat tinggi. (2) Evaluasi pada aspek input berupa perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru Tata Boga bersertifikasi di SMK Negeri Kota Yogyakarta mayoritas memiliki penilaian dalam kategori sangat tinggi sebanyak 44%. (3) Evaluasi pada aspek proses berupa pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. proses pembelajaran secara umum yang telah dilakukan oleh guru bersertifikasi sebagian besar sudah dalam kategori tinggi sebanyak 48%. Sisanya dalam kategori sangat tinggi sebanyak 36% dan kategori sedang sebanyak 16%. Proses pembelajaran pada komponen pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru bersertifikasi mayoritas dalam kategori tinggi sebanyak 48%, sedangkan dilihat dari komponen penilaian mayoritas guru dalam kategori sangat tinggi. Hal ini berarti guru bersertifikasi telah melakukan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dengan baik. (4) Evaluasi pada aspek product sebagian besar guru (76%) setelah bersertifikasi pernah mengikuti/aktif untuk berprestasi yang dapat mendukung kinerja guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kinerja guru, sertifikasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:16
Last Modified: 22 Jun 2021 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67661

Actions (login required)

View Item View Item