Raras, Handamari Anggana and Astuti, Budi (2019) Efektifitas Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior terhadap Penurunan Perilaku Bullying di SMA Negeri 1 Dagangan Kabupaten Madiun. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
||
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
||
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
|
Text
Bab V.pdf Download (38kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok rational emotive behavior terhadap penurunan perilaku bullying pada siswa di SMA Negeri 1 Dagangan. Penelitian ini merupakan penelitian pre experiment dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Dagangan Madiun sebanyak 192 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel pada kelompok eksperimen sebanyak 6 siswa dan sampel pada kelompok kontrol sebanyak 6 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Mann-Whitney Test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: konseling kelompok rational emotive behavior efektif terhadap penurunan perilaku bullying siswa di SMA Negeri 1 Dagangan, dibuktikan dengan nilai Zhitung sebesar -2,887 dan p = 0,000<0,05. (2) Perilaku bullying siswa di SMA Negeri 1 Dagangan hanya turun sedikit, Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 66,67 dan rata-rata posttest turun sebesar 32,67 setelah diberikan perlakuan dengan pendekatan rational emotive behavior. Kemudian nilai rata-rata pretest kelompok kontrol sebesar 65,50 dan rata-rata postest turun menjadi 50,83. Dengan demikian pendekatan rational emotive behavior efektif terhadap penurunan perilaku bullying siswa di SMA Negeri 1 Dagangan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perilaku bullying, rational emotive behavior |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan Pendidikan > Konseling |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 04:22 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 06:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67365 |
Actions (login required)
View Item |