Pemanfaatan Learning Management System (LMS) pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 1 Ngaglik.

Akhmad, Jamaludin Kiroma and Suyanto, Slamet (2019) Pemanfaatan Learning Management System (LMS) pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 1 Ngaglik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pembuatan materi LMS yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran biologi kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan LMS yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran biologi kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik, (3) hasil pembelajaran dengan memanfaatkan LMS yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran biologi kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sasaran yang dituju yaitu mengetahui pemanfaatan LMS yang dilaksanakan di SMA N 1 Ngaglik pada pembelajaran biologi kelas X. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ngaglik yang merupakan satu-satunya SMA Negeri yang memanfaatkan LMS dalam pembelajaran biologi kelas X di Kabupaten Sleman hingga saat ini. Data diperoleh dari proses wawancara guru serta siswa, observasi dokumen berupa print out tampilan LMS yang digunakan, dan survei kepada siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pemanafaatan LMS dalam pembelajaran biologi menggunakan paduan wawancara, lembar observasi, dan kuisioner. Data dianalisis dengan melakukan beberapa langkah: 1) mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis, 2) membaca keseluruhan data, 3) melakukan coding, 4) menerapkan coding, 5) menyajikan diskripsi dan tema berdasarkan proses coding. Hasil penelitian menunjukkan guru menggunakan LMS dengan jenis Moodle. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode Blended Learning. Guru menggunakan LMS dan membutuhkan persiapan terkait pembuatan LMS mencangkup materi, kegiatan, dan penilaian yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran dan perangkat yang digunakan siswa. Pembelajaran dengan menggunakan LMS memberikan kesan positif bagi siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: biologi, case study, learning management system
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:04
Last Modified: 22 Jan 2020 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67192

Actions (login required)

View Item View Item