FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGI YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA ASLI PAPUA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH

Anjaryani, Anna Maria and Edwina, Triana Noor (2020) FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGI YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA ASLI PAPUA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH. In: senimar nasional dan temu alumni HPMS 2019.

[img]
Preview
Text
FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGI -Anna Maria dkk.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan dan sebagai bekal bagi generasi penerus bangsa. Namun kesenjangan pendidikan yang ada di Indonesia hingga saat ini masih terasa. Ketidakmerataan sarana, fasilitas, dan tenaga pendidik yang kurang dan bermasalah. Pendidikan kerap kurang menjangkau daerah-daerah tertinggal di Indonesia. Daerah tertinggal salah satunya adalah Papua. Permasalahan pendidikan di Papua sangatlah kompleks. Rendahnya kesadaran akan pentingnya pendidikan, faktor ekonomi, kondisi sosial masyarakat, geografis, dan kondisi politik yang tidak mendukung sistem pendidikan di Papua, serta sekolah yang tidak memadai secara signifikan mempengaruhi pendidikan siswa Papua. Kondisi ini tentunya dapat mempengaruhi motivasi belajar pada siswa asli Papua. Kurangnya motivasi belajar pada siswa asli Papua berpengaruh pada pembelajaran sejarah. Dalam meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran sejarah, tentunya harus dimulai dengan memperhatikan faktor-faktor psikologis yang juga mempengaruhi dalam motivasi belajar, seperti penyesuian diri pada lingkungan sekolah dan dukungan sosial keluarga. Kata Kunci: Motivasi belajar, Faktor psikologi, Siswa asli Papua, Pembelajaran sejarah

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 13 Jan 2020 08:32
Last Modified: 13 Jan 2020 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67096

Actions (login required)

View Item View Item