Bata, Kristianus Wilpas and Zamzani, Zamzani (2019) Strategi Bertanya Guru dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Katolik Frateran Maumere. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi bertanya guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Katolik Frateran Maumere. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) strategi bertanya yang digunakan guru, (2) ranah kognitif pertanyaan guru pada penggunaan strategi bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, dan (3) penerapan strategi bertanya guru dalam struktur pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa indonesia dan penggunaan strategi bertanya oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung, yang dilakukan oleh tiga orang guru sekolah menengah atas. Objek penelitiannya adalah strategi bertanya guru, ranah kognitif pertanyaan guru pada penggunaan strategi bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, dan penerapan strategi bertanya guru dalam struktur pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu simak, rekam, dan catat. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah human instrument. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Keabsahan data dilakukan dilakukan dengan perpanjangan waktu pengamatan selama penelitian, kesungguhan dan ketekunan dalam melakukan penelitian, trianggulasi sumber data, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian dapat dirinci sebagai berikut. Pertama strategi bertanya yang digunakan oleh guru yang meliputi penggunaan strategi redirection question oleh guru selama proses pembelajaran, ditandai dengan pertanyaan yang membuat siswa aktif secara keseluruhan. Penggunaan strategi prompting question oleh guru selama proses pembelajaran, ditandai dengan pemberian pertanyaan yang menuntun siswa untuk menjawab dengan benar. Penggunaan strategi probing question oleh guru selama proses pembelajaran, ditandai dengan pertanyaan yang menggali informasi secara lebih mendalam. Kedua, ranah kognitif pertanyaan guru pada penggunaan strategi bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi aspek ingatan, aspek pemahaman, aspek penerapan, aspek menganalisis, aspek mengevaluasi, dan aspek menciptakan. Ketiga, strategi bertanya guru dalam struktur pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi yaitu pertanyaan diawal, pertanyaan ditengah, dan pertanyaan diakhir pembelajaran. Struktur pertanyaan memiliki ciri antara lain sebagai berikut; tindak, gerak, pertukaran, transaksi dan kinesik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bertanya, strategi bertanya, ranah kognitif pertanyaan, struktur pembelajaran. |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 03:54 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 03:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66876 |
Actions (login required)
View Item |