STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN AWAL, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA DENGAN SMK NEGERI 1 SEDAYU

Umoyo, (2012) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN AWAL, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA DENGAN SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Laporan Tugas Akhir Skripsi.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan awal, motivasi dan prestasi belajar siswa. Lokasi penelitian di SMK Negeri 3 Yogyakarta dan SMK Negeri 1 Sedayu. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X TL 1 dan kelas X TITL A tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah masing-masing kelas 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yang dilakukan menggunakan metode pangambilan data kuestioner dan dokumentasi. Dokukemtasi dilakukan untuk mendapatkan data sekunder atau data yang didapat secara tidak langsung yaitu berupa nilai Hasil Ujian Nasional SMP dan Nilai Raport. Penelitian motivasi belajar dilakukan menggunakan angket, karena hasil data angket tergolong data skala ordinal, untuk dapat dianalisis menggunakan statistik parametrik data ditransformasi kedalam skala interval menggunakan method of successive interval (MSI). Setelah data terkumpul dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan rata-rata kemampuan awal, motivasi, dan prestasi belajar SMK Negeri 3 Yogyakarta lebih tinggi dibandingkan dengan SMK Negeri 1 sedayu. Namun secara uji statistik kemampuan awal SMK Negeri 3 Yogyakarta dan SMK Negeri 1 Sedayu baik dalam taraf signifikan 6% dan 1%, tobservasi lebih kecil dari ttabel (1,916 > 0,925 < 2,657) berarti tidak ada perbedaan kemampuan awal yang signifikan. Untuk uji-t motivasi belajar antara kedua sekolahan tersebut baik dalam taraf signifikan 6% dan 1%, didapat tobservasi lebih kecil dari ttabel (1,916 > 0,556 < 2,657) berarti tidak ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan. Untuk uji-t prestasi belajar pada taraf signifikan 6% tobservasi lebih besar dari ttabel dan pada taraf signifikan 1% tobservasi lebih kecil dari ttabel (1,916 < 2,639 < 2,657) berarti terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan pada taraf signifikan 6% dan tidak ada perbedaan prestasi belajar pada taraf signifikan 1%. Walau penelitian ini belum sepenuhnya sempurna, namun penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi oleh guru dan berbagai komponen pendidikan lainnya. Informasi tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan antara dua wilayah yang berbeda khususnya kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Fasilitas pendidikan atau sumber belajar yang belum tersedia di dalam maupun di luar sekolah perlu dikelola secara baik, hal tersebut demi terciptanya pendidikan yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2012 01:04
Last Modified: 29 Jan 2019 16:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6677

Actions (login required)

View Item View Item