Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Boga Dasar untuk Siswa SMK Program Keahlian Tata Boga.

Firdausa, Ambar Rizqi and Haryanto, Haryanto (2019) Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Boga Dasar untuk Siswa SMK Program Keahlian Tata Boga. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan konstruksi instrumen tes HOTS Boga Dasar untuk siswa Program Keahlian Tata Boga yang valid dan reliabel, (2) mengetahui karakteristik butir instrumen HOTS Boga Dasar, (3) mengestimasi kemampuan HOTS peserta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan tes dari Mardapi (2017), yaitu: (1) menyusun spesifkasi tes, (2) menulis butir tes, (3) menelaah tes, (4) melakukan uji coba tes, (5) menganalisis butir-butir tes, (6) memperbaiki tes, (7) merakir tes, (8) melakukan tes, (9) menafsirkan hasil tes. Penelitian berlokasi di SMK Negeri 2 Godean, SMK Negeri 4 Yogyakarta, dan SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Sampel total dalam penelitian ini sebanyak 350 peserta, yang terdiri dari 150 sampel uji coba dan 200 sampel penelitian. Teknik Pengumpulan data berupa tes pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban untuk mengukur kemampuan HOTS peserta. Teknik analisis data dekriptif kuantitatif menggunakan program komputer Winstep, SPSS, dan R. Instrumen tes divalidasi oleh 5 ahli, yaitu 1 dosen ahli HOTS, 1 dosen ahli Tata Boga, dan 3 guru mata pelajaran Boga Dasar. Hasil penelitian pengembangan meliputi: (1.a.) konstruksi 30 butir soal yang terdiri dari 14 butir aspek menganalisis (C4), 10 butir aspek mengevaluasi (C5), dan 6 butir aspek mencipta (C6); (1.b.) validitas isi pada penelitian ini sebesar 0,94 menggunakan validitas Aiken dan reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,859; (2.a.) instrumen memenuhi syarat unidimendi dan independensi lokal; (2.b.) semua butir soal cocok terhadap permodelan Rasch; (2.c.) butir soal memiliki variasi tingkat sulit, sedang dan mudah dengan tingkat kesukaran dari 1,61 hingga -1,78; (3.a.) estimasi kemampuan HOTS peserta dengan kemampuan sangat tinggi sebanyak 4%, kemampuan tinggi sebanyak 55,5%, kemampuan sedang 40,5%; rendah 0% dan sangat rendah 0% (3.b.) kemampuan C4 pada tingkat tinggi, kemampuan C5 pada tingkat tinggi, dan kemampuan C6 pada tingkat sedang; (3.c.) berdasarkan 200 peserta tercipta 164 pola respon aspek menganalisis, 106 pola respon aspek mengevaluasi, dan 29 pola respon aspek mencipta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: HOTS,tes, tata boga, pilihan ganda
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:50
Last Modified: 26 Oct 2021 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66563

Actions (login required)

View Item View Item