PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BOGA MEMBUAT KUE KERING NASTAR BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS XI DI SLB NEGERI I BANTUL

Kamiyati , Sri (2012) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BOGA MEMBUAT KUE KERING NASTAR BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS XI DI SLB NEGERI I BANTUL. S1 thesis, FIP-UNY.

[img]
Preview
Text
Sri kamiyati.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan boga membuat kue kering nastar. Kesulitan yang dihadapi guru dalam memberikan pelajaran keterampilan boga membuat kue kering nastar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dengan mengadakan observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini seorang guru dan 2 siswa perempuan. Jumlah siswa kelas XI di SLB Negeri I Bantul berjumlah 2 siswa, 1 guru keterampilan. Waktu penelitian ini selama 2 bulan, mulai tanggal 6 Pebruari sampai dengan 6 Maret 2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dan untuk mendeskripsikan kejadian di lapangan dengan reduksi data, display data serta pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dalam pembelajaran keterampilan boga baik. Adapun kendala yang dialami dalam hal ini adalah bahasa. Oleh karena itu penulis menyarankan khususnya guru keterampilan agar lebih banyak praktek langsung.Tujuan pelaksanaan kegiatan pembelajaran keterampilan boga membuat kue kering nastar untuk peserta didik agar mampu mengembangkan pengetahuan, dengan harapan dapat menjadi bekal hidup setelah terjun ke masyarakat. Materi yang disampaikan berasal dari buku pintar membuat kue kering dan mingguan femina edisi khusus lebaran. Metode yang digunakan guru adalah metode ceramah, demonstrasi, dan pemberian tugas. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah melakukan pendekatan secara individual terhadap siswa. Sarana dan prasarana yang dibutuhkan telah tersedia dan kondisi yang baik. Proses belajar mengajar dinilai baik dengan adanya interaksi antara guru dengan siswa dan dengan teman. Mengenai hasil evaluasi pembelajaran keterampilan boga membuat kue kering nastar mulai tahap persiapan, langkah-langkah pembuatan, pengemasan dan perawatan alat siswa mampu mengerjakan dengan baik sesuai dengan harapan. Kata kunci: pembelajaran, keterampilan, anak tunarungu, kering nastar.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6639

Actions (login required)

View Item View Item