Model Evaluasi Program Pembelajaran Scientific Approach dalam Pembelajaran Biologi di SMA.

Susapti, Peni and Kartowagiran, Badrun (2019) Model Evaluasi Program Pembelajaran Scientific Approach dalam Pembelajaran Biologi di SMA. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
Dafar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran dengan pendekatan saintifik sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun, tetapi belum semua guru melaksanakannya dengan baik, sehingga perlu dibuat model evaluasi EPSA. Terkait dengan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan model evaluasi program pembelajaran scientific approach dalam pembelajaran biologi di SMA (EPSA); (2) mendeskripsikan kelayakan model evaluasi yang dikembangkan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode Plomp, terdiri dari tiga tahap kegiatan pokok, yaitu: (a) perencanaan; (b) uji coba; dan (c) implementasi. Model EPSA terdiri dari: (1) panduan pelaksanaan evaluasi; (2) instrumen evaluasi dan panduan penskoran; dan (3) bukti kelayakan model. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model EPSA yang dikembangkan sudah akurat dan terpercaya, dengan perincian sebagai berikut: (a) konstruk instrumen kegiatan inti model EPSA terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menganalisis, dan mengkomunikasikan (5 M), berdasarkan hasil EFA dan CFA; (b) validitas instrumen pengukuran untuk model EPSA terbukti baik dan CFA fit; (c) reliabilitas instrumen pengukuran model EPSA dinyatakan baik, untuk koefisien Cronbach’s Alfa rata-rata di atas 0,70; (2) model EPSA yang dikembangkan termasuk kategori layak dan dapat digunakan (rata-rata skor dari butir-butir yang ada dalam produk mencapai 3,6) dan kualitas pedoman penggunaan termasuk kategori layak, berdasarkan pengakuan pengguna pada saat uji coba.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model evaluasi, scientific approach, pembelajaran Biologi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Oct 2019 02:32
Last Modified: 01 Nov 2021 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66087

Actions (login required)

View Item View Item