Model Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru SMK di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Sudarno, Sudarno and Suyanto, Suyanto (2019) Model Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru SMK di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menemukan model manajemen pengembangan kompetensi yang dapat diterapkan secara efektif dan sesuai dengan kebutuhan guru-guru SMK di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Adapun tujuan khusus untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan model manajemen pengembangan kompetensi guru SMK yang telah berlaku di Kabupaten Karanganyar, (2) Melakukan kajian terhadap berbagai teori model manajemen pengembangan kompetensi guru, (3) Menyusun model manajemen pengembangan kompetensi guru SMK di Kabupaten Karanganyar yang efektif, dan (4) Menyusun pedoman pelaksanaan model pengembangan kompetensi guru SMK di Kabupaten Karanganyar yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dimana prosedur penelitian mengacu pada prosedur yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Obyek penelitian adalah manajemen pengembangan kompetensi guru SMK. Subyek penelitian adalah guru-guru SMK di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Subyek uji coba terbatas adalah 30 orang guru di SMK Negeri Jumantono dan SMK Muhammadiyah 6 Karanganyar. Sedangkan subyek uji coba luas adalah 50 orang guru di SMK Negeri 2 Karanganyar, SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar, dan SMK Satya Karya Karanganyar. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan uji beda melalui uji t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kompetensi guru SMK di Kabupaten Karanganyar dilihat dari kualifikasi pendidikannya masih terdapat 34 (5%) orang guru dari sejumlah 658 orang yang belum memenuhi standar kompetensi; (2) di Kabupaten Karanganyar sudah ada model manajemen pengembangan kompetensi guru SMK, namun model tersebut belum dilaksanakan secara sistematis dan kurang efektif; (3) manajemen pengembangan kompetensi guru SMK model “APIL” yang dikembangkan dalam penelitian disertasi ini merupakan model yang efektif untuk diterapkan sebagai model manajemen pengembangan kompetensi guru SMK di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan kompetensi guru SMK setelah dilakukan uji coba manajemen pengembangan kompetensi guru SMK model “APIL”, baik uji coba secara terbatas maupun secara luas. Lagi pula, setelah dilakukan uji beda mean (rerata) menggunakan uji t-test selisih skor pretest-postest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada taraf signifikansi 5%, dimana selisih skor pretest-postest kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model Manajemen, Kompetensi, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Oct 2019 08:34
Last Modified: 31 May 2021 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66072

Actions (login required)

View Item View Item