PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ACCOUNTING BOARD GAME (ABG) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR REKONSILIASI BANK KELAS XI AK 2 SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019

PUSPITANINGRUM, YULIA (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ACCOUNTING BOARD GAME (ABG) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR REKONSILIASI BANK KELAS XI AK 2 SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
14803244007_YULIA PUSPITANINGRUM_NASKAH SKRIPSI.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tahapan pengembangan Accounting Board Game sebagai media pembelajaran Rekonsiliasi Bank; 2) kelayakan Accounting Board Game sebagai media pembelajaran Rekonsiliasi Bank berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran akuntansi; 3) penilaian siswa terhadap Accounting Board Game sebagai media pembelajaran Rekonsiliasi Bank; dan 4) peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI AK 2 SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara sesudah penggunaan Accounting Board Game pada kompetensi dasar Rekonsiliasi Bank. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tahap pengembangan ADDIE menghasilkan produk berupa Accounting Board Game sebagai media pembelajaran Kompetensi Dasar Rekonsiliasi Bank yang layak digunakan; 2) penilaian kelayakan Accounting Board Game menghasilkan skor dari ahli materi sebesar 3,79 (Sangat Layak), dari ahli media 3,47 (Sangat Layak), dan praktisi pembelajaran sebesar 3,22 (Sangat Layak); 3) hasil penilaian uji coba perorangan diperoleh skor 3,11 (Sangat Layak), uji coba kelompok kecil diperoleh skor 3,63 (Sangat Layak), dan uji coba lapangan diperoleh skor 3,51 (Sangat Layak); 4) peningkatan motivasi belajar XI AK 2 sebelum dan sesudah penggunaan media sebesar 13,54% dari 73,86% menjadi 87,40%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Accounting Board Game, Motivasi Belajar.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:10
Last Modified: 10 Sep 2019 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65784

Actions (login required)

View Item View Item