PENGARUH KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA GENERASI Z YANG DIMODERATORI OLEH GENDER

Chandra, Gesita Aria (2019) PENGARUH KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA GENERASI Z YANG DIMODERATORI OLEH GENDER. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
GesitaAriaChandra_15808141074.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik produk terhadap pembelian impulsif pada generasi Z yang dimoderatori oleh gender, pada konsumen online instagram yang tinggal di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode survey yang bersifat kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah generasi Z yaitu remaja yang lahir tahun 1995- 2010 yang tinggal di Yogyakarta, yang pernah melakukan pembelian online instagram. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 128 responden yang terdiri dari 81 responden perempuan dan 47 responden laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner online yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) karakteristik produk berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif. (2) Terdapat pengaruh positif karakteristik produk terhadap pembelian impulsif, sedangkan gender secara parsial tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Jenis moderasi pada penelitian ini adalah pure moderating dibuktikan dengan nilai signifikansi pada variabel gender sebesar 0,265 (3) Karakteristik produk berpengaruh terhadap pembelian impulsif yang dimoderatori oleh gender, Terdapat pengaruh memperlemah gender terhadap pembelian impulsif, hal ini ditunjukkan nilai koefisien regresi pada interaski antara karakteristik produk dan gender mempunyai nilai -0,591. Konsumen pria lebih dominasi memperlemah pembelian impulsif daripada wanita.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Produk, Gender, Pembelian Impulsif
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:21
Last Modified: 20 Aug 2019 06:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65336

Actions (login required)

View Item View Item