Efektivitas Teknik Assertion Training Terhadap Komunikasi Interpersonal Dan Konformitas Teman Sebaya Pada Siswa Kelas VIII Smp Muhammadiyah 2 Mlati

AKbar, Nur Yuli ANto (2019) Efektivitas Teknik Assertion Training Terhadap Komunikasi Interpersonal Dan Konformitas Teman Sebaya Pada Siswa Kelas VIII Smp Muhammadiyah 2 Mlati. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Nur Yuli Anto Akbar-16713251013.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena dilapangan yang masih menunjukan masih minimnya layanan bimbingan kelompok dalam membantu meningkatkan komunikasi interpersonal dan mengurangi konformitas teman sebaya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan assertion training (1) keefektifan teknik assertion training terhadap komunikasi interpersonal, (2) keefektifan teknik assertion training terhadap konformitas teman sebaya pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Mlati. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas VIII Sekolah SMP Muhhamadiyah 2 Mlati. Total siswa kelas VIII terbagi menjadi 4 kelas A,B,C, D sebanyak 112 siswa yang terdiri dari 4 rombel kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah sejumlah 12 siswa yang mengalami masalah. Pada penelitian ini telah ditentukan dua variabel, yaitu variabel bebas (Teknik Assertion training) atau variabel independen dan variabel terikat (komunikasi interpersonal dan konformitas teman sebaya). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan instrument skala komunikasi interpersonal dan konformitas teman sebaya. Adapun analisis data yang dilakukan menggunakan uji Wilcoxon W dan uji Mann Withney U. Hasil penelitian menunjukkan terapi dengan teknik assertion training efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal dan menurunkan tingkat konformitas teman sebaya pada siswa SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata skala komunikasi interpersonal kelompok eksperimen 47 menjadi 73,33 sedangkan pada kelompok kontrol dari 45,167 menjadi 47,67. Pada skala konformitas teman sebaya diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen menurun dari 75,67 menjadi 42,33, dan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 71,83 menjadi 72,167. Dengan demikian hasil tersebut membuktikan bahwa siswa yang mendapat perlakuan dengan teknik assertion training memiliki tingkat komunikasi interpersonal yang semakin meningkat dan mempunyai tingkat konformitas teman sebaya yang lebih rendah. Teknik assertion training mempengaruh persepsi siswa tentang potensi diri terhadap perilaku sehingga memberikan dorongan untuk berperilaku positif pada skala komunikasi interpersonal dan konformitas teman sebaya pada siswa SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman. Kata Kunci: teknik assertion training, komunikasi interpersonal dan konformitas teman sebaya.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Aug 2019 00:44
Last Modified: 08 Aug 2019 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65138

Actions (login required)

View Item View Item