PENGEMBANGAN MEDIA CD AUDIO DENGAN JUDUL “DAMPAK ERUPSI GUNUNG BERAPI” UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD

Priatmojo, Ariyo (2012) PENGEMBANGAN MEDIA CD AUDIO DENGAN JUDUL “DAMPAK ERUPSI GUNUNG BERAPI” UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Ariyo Priatmojo_06105244010.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media CD audio untuk menambahkan salah satu sumber belajar pada pokok bahasan peristiwa alam pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas 5 Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada pengembangan Borg dan Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah pengkaji media dari BPMR, dan siswa tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah pengamatan langsung, wawancara, dan angket. Adapun metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media CD audio yang dilaksanakan di SD N Sarikarya adalah sebagai berikut: Dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi, media CD audio mendapatkan jumlah nilai 7 dengan kategori kelayakan 100%. Saran yang diberikan oleh ahli materi adalah agar memperlambat ritme percakapan sehingga siswa mudah memahami materi yang ada di dalam media CD audio. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli media ini, CD Audio pembelajaran ini memperoleh hasil 82,5% masuk kategori sangat layak untuk dikembangkan. Penilaian ahli media dari aspek isi mendapatkan jumlah nilai 21, dengan presentase 87,5%, termasuk dalam kategori sangat layak. Kemudian untuk aspek media mendapat jumlah nilai 13 dengan presentase 81,25% termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil ujicoba kelompok kecil secara keseluruhan didapat jumlah nilai 32 dengan presentase 72,7% termasuk dalam kategori layak. Dari hasil penilaian uji coba kelompok kecil, aspek isi mendapatkan persentase 83,3% yang masuk dalam kategori layak. Selanjutnya aspek pembelajaran mendapatkan persentase 75% dan aspek isi mendapatkan persentase 66,7% yang semuanya masuk dalam kategori layak. Hasil ujicoba kelompok besar secara keseluruhan didapat jumlah nilai 32 dengan presentase 71,3% termasuk dalam kategori layak. Dari hasil penilaian uji coba kelompok besar, aspek isi mendapatkan persentase 73% yang masuk dalam kategori layak. Selanjutnya aspek pembelajaran mendapatkan persentase 79,5% dan aspek isi mendapatkan persentase 66,7% yang semuanya masuk dalam kategori layak. Hasil ujicoba lapangan secara keseluruhan didapat jumlah nilai 271 dengan presentase 87,9% termasuk dalam kategori sangat layak. Dari hasil penilaian uji coba lapangan per aspek, aspek isi mendapatkan persentase 89,2% yang termasuk dalam kategori layak. Selanjutnya aspek pembelajaran mendapatkan persentase 89,2% dan aspek isi mendapatkan persentase 86,9% yang semuanya masuk dalam kategori sangat layak. Dari hasil validasi ahli media dan ahli materi serta tahap uji coba yang dilakukan, maka media CD audio ini layak digunakan untuk memudahkan peserta didik memahami materi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 04 Oct 2012 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6508

Actions (login required)

View Item View Item