Pujiati, Tri (2012) PEMANFAATAN KEGIATAN OUTBOUND UNTUK MEMBANGUN KARAKTER ANAK TK &PLAYGROUP KREATIF PRIMAGAMA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Abstrak_FIP_KTP_Tri Pujiati_08105241033.pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat kegiatan outbounddalam membangun karakter anak Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa TK dan Play Group Kreatif Primagama kelas B. Objek penelitian ini berupa karakter anak dalam melakukan kegiatan outbound. Data yang diperoleh pada penelitian ini melaluiobservasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di TK dan Play Group Kreatif Primagama Jalan Dewi Sartika No. 22, Sagan, Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan outbound dapat membangun karakter anak. Permainan outbound yang dilakukan yaitu tracking, road to race, beam, burma bridge air, stick ball, menangkap ikan, water transfer, jembatan gantung, spider whel, two-line bridge, burma bridge darat, dan holla hup. Permainan-permainan tersebut dapat membangun sikap kerja sama, keaktifan, keberanian, kepemimpinan dan kejujuran anak. Dari 18 anak yang diteliti, ke 18 anak dapat melakukan kerja sama, aktif dan jujur. Sedangkan 17 anak bersikap berani dan dapat menjadi pemimpin dalam melakukan permainan outbound.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 05 Oct 2012 02:15 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6499 |
Actions (login required)
View Item |