Anggrasari, Liya Atika (2012) KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI JENJANG PENDIDIKAN DAN MASA KERJA DI UPT PELAYANAN PENDIDIKAN KECAMATAN DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Abstrak_FIP_KTP_Liya Atika Anggrasari_08105244009.pdf Download (114kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1 ) mengetahui tingkat kemampuan guru dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar di UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Depok Sleman, 2 ) untuk mengetahui perbedaan tingkat kemampuan guru dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar ditinjau dari jenjang pendidikan, 3 ) untuk mengetahui perbedaan tingkat kemampuan guru dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar ditinjau dari masa kerja. Jenis penelitian ini adalah komparatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 guru sekolah dasar kelas V se Kecamatan Depok. Sampel berjumlah 52 orang yang diambil secara acak atau random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik baik deskriptif maupun inferensial menggunakan analisis uji-t dan uji analisis varians. Statistik deskriptif digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan guru dalam mengembangkan RPP. Sedangkan statistic inferensial digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat kemampuan guru dalam mengembangkan RPP ditinjau dari jenjang pendidikan dan masa kerja. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1 ) Tingkat kemampuan guru dalam mengembangkan RPP mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar di UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Depok Sleman tergolong cukup mampu. 2 ) Ada perbedaan kemampuan guru dalam mengembangkan RPP mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar di UPT Pelayanan Kecamatan Depok Sleman ditinjau dari jenjang pendidikannya. 3 ) Tidak ada perbedaan kemampuan guru dalam mengembangkan RPP mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar di UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Depok Sleman ditinjau dari masa kerjanya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 05 Oct 2012 02:15 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6498 |
Actions (login required)
View Item |